3R–Recycle, Recycle, Recycle?

image-3R


“What is right is not always popular and what is popular is not always right.”Albert Einstein 

So why not make what is right and popular?

Gaung konsep 3R sudah mendunia, terdiri dari Reduce, Reuse, Recycle. Namun mengapa yang lebih terkenal adalah Recycle ya? Yang terpenting justru Reduce, mengurangi atau menekan pemakaian suatu barang yang akan menjadi sampah.
Lalu ada Reuse, pemakaian kembali suatu barang untuk menghindari penambahan barang dan sampah, serta akan menghemat biaya daripada terus membeli sesuatu yang kalau dipikir-pikir sebenarnya tidak perlu.
Baru yang terakhir adalah Recycle, saat sampah akan diolah ulang untuk menjadi produk baru.

Pola pikir yang berkembang saat ini adalah: pakai saja atau beli saja, toh bisa di-recycle. Jadi maksud dan  tujuan konsep 3R masih belum tercapai.

Recycling is not the final solution!

Daur ulang hanya memperlambat proses penumpukkan sampah. Sampai kapan dan berapa banyak barang yang harus didaur ulang dan mampu memberi manfaat (baca: terbukanya peluang usaha, lapangan kerja serta mendapat penghasilan) bagi manusia? Nanti pada suatu saat manusia sudah tidak lagi membutuhkan barang hasil daur ulang tersebut karena sudah mendapat lebih dari yang dibutuhkan, mau dikemanakan barang hasil produksi itu? Akan jadi sampah lagi?.

Mohon diperhatikan ya. Sampah plastik kemasan refill yang dapat di daur ulang dan mempunyai nilai jual relatif baik, dalam proses awalnya membutuhkan air bersih untuk mencuci sisa-sisa serbuk, cairan ataupun yang lain yang masih tertinggal di dalam kemasannya. Jika Anda bertanya lalu bagaimana jika yang dibutuhkan adalah isi ulangnya?. Jawaban yang dapat saya berikan saat ini adalah beralih ke produk non-kimia. Ini merupakan salah satu solusi terbaik. Contoh mudahnya saja, untuk urusan mencuci paralatan makan, mencuci pakaian, mengepel lantai, dapat menggunakan buah lerak/klerak. Kini lebih populer sebagai pencuci pakaian berbahan batik. Tuhan memang Maha Baik, sudah menciptakan sebuah pohon dengan manfaat yang tidak seharusnya manusia acuhkan. Saya sudah pakai dan sangat senang karena bersumbangsih untuk bumi dan tidak khawatir anak-anak saya terkena alergi yang sering disebabkan oleh produk pembersih berkimia.
It should be Reduce, first! Because it is right and must be popular!

 

Leave a comment